Semangat kita ya…

 

Mungkin kamu sedang mengalami ujian-ujian dalam dalam hidup, keraguan yang membuat tawar hati, tidak bersukacita atau merasa hidup ini berat. Atau bahkan mengalami patah semangat.

Ingatlah betapa besar kasih Allah padamu. Bukan hanya melimpahkan berkat kesehatan, keuangan, sarana hidup yang lain atau mempunyai banyak kesempatan, tapi terlebih berkat keselamatan.

Tetaplah antusias menjalani kehidupan ini, bersemangatlah di dalam Tuhan. Jangan biarkan kesedihan mematahkan  semangat dan mengeringkan tulang. Ams 17:22

Ini alasan mengapa kita tidak boleh menyerah 2 Kor 16-17

16  Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

17  Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.

Mengalami penderitaan fisik, tubuh yg semakin lemah, tapi semangat kita baru setiap hari. Masalah  kita sekarang adalah masalah kecil yang akan berlalu, itu bukan masalah yang akan bertahan selamanya, penderitaan yang  akan membawa kita pada kemuliaan besar selama-lamanya.

Tuhan tidak melihat masalah sebagaimana kita melihat masalah, ketika kita melihat masalah dengan pandangan  kita, kita melihatnya sebagai stress, Allah melihatnya sebagai kesempatan. Ketika kita melihat masalah sebagai krisis Allah melihat pertumbuhan  dan hal yang lebih baik. Allah menggunakannya sebagai pelajaran istimewa bagi anak-anakNya. Ketika kita belajar dari kerasnya badai kehidupan kita akan melihat kemuliaanNya dan menerima berkatNya ketika kita tidak menyerah.  Gal 6:9

apakah kita harus melupakan sukacita jika kita hidup berjalan bersama Yesus atau berjuang dalam Kristus?

The purpose of walking with Christ is not joy,

but walking with Christ,

how can we have no joy?

Masalah-masalah telah memperkaya kita dengan kekayaan pengetahuan yang tidak didapat dengan cara lain: pencobaan telah menjadi lekuk gunung (Keluaran33:22) yang TUHAN tetapkan bagi kita seperti Tuhan memperlakukan hamba-Nya Musa sehingga ketika kemuliaan-Nya lewat, kita boleh melihatnya. Pujilah Allah yang tidak menyerahkan kita kepada kebebalan, yang mungkin melibatkan kemakmuran terus-menerus, tetapi di dalam peperaangan penderitaan yang besar kita diberikan kapasitas untuk memancarkan kemuliaan-Nya dalam urusan-Nya yang indah dengan kita.

Selama di dunia kita akan mengalami serangan serangan hebat, bukankah dunia tak henti-hentinya membuatmu letih dan berusaha mengalihkanmu dari perjalanan bersama Yesus. Akhhh bukankah siiblis licik berulang kali menipumu?

“Kita tahu bahwa musuh-musuh kita sedang mengusahakan hal-hal yang mustahil” mereka berusaha menghancurkan kehidupan kekal  yang tidak dapat mati selama Yesus hidup, berusaha meruntuhkan benteng, melawan yang tak bisa dikuasai gerbang neraka. Mereka  menendang tongkat runcing (galah rangsang) sehingga terluka sendiri.

Kita mempunyai warisan yang sama , makan dari manna yang sama dan minum dari batu karang rohani yang sama.

Hmmm senyumku mulai  mengembang  ……

Datanglah, hatiku, teguhkanlah hatimu meskipun paling terakhir dan paling sedikit; ini merupakan hak istimewamu untuk menjadi bagian dalam tentara dan mengikuti sebagai mana mereka mengikuti  yang memimpin barisan depan. Seseorang harus ditempat paling belakang  dalam penghormatan dan penghargaan, seseorang harus melakukan pekerjaan kasar bagi Yesus, dan mengapa bukan saya? Di sebuah desa miskin, di anatara warga yang sombong, keras; atau di jalan belakang di antara orang –orang berdosa yang hina .

Orang yang tersesaat harus dijemput dalam barisan dan milik yang hilang harus dikumpulkan dari ladang. Roh yang berapi-api mungkin berlari menerjang ke depan melewati jalur setapak untuk belajar kebenaran baru dan memenangkan lebih banyak jiwa untuk Yesus tetapi beberapa dari roh yang lebih konservatif mungkin juga terlibat dengan baik dalam mengingatkan gereja terhadap imannya yang mula-mula, dan memulihkan anak-anak yang tersesat. Setiap posisi mempunyai tugas masing-masing dan anak-anak Tuhan yang bergerak berlahan  akan menemukan bagian khusus  yang di dalamnya dapat membuat mereka  mungkin menjadi berkat besar  bagi seluruh kaum. Barisan belakang adalah tempat bahaya. Ada musuh-musuh baik yang di depan maupun yang di belakang kita. Serangan bisa datang dari segala mata angin. Orang Kristen berpengalaman  akan menemukan banyak yang harus dikerjakan  untuk senjatanya dalam membantu jiwa-jiwa yang miskin dan ragu-ragu, putus asa, goyah, yang terbelakang dalam iman, pengetahuan dan sukacita. Jiwa-jiwa ini jangan dibiarkan begitu saja karena itu menjadi urusan orang orang kudus terajar, untuk menanggung panji-panji mereka  di antara  yang terbelakang. Dengan lemah lembut berjaga-jagalah  untuk membantu yang terbelakang hari ini.

 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. Ef 1:14

Wahhh betapa bahagianya ….. kita punya segala jaminan.

Kita telah mengecap kebaikan Tuhan (1 Pet 2:3) tapi kita masih belum mengetahui  seberapa baik dan murah hatinya Dia, meskipun apa  yang kita ketahui dari kebaikan Allah  membuat kita rindu untuk memperoleh lebih banyak. Kita telah menikmati karunia sulung dari Roh  dan karunia ini telah menetapkan kita supaya lapar dan haus akan kepenuhan hasil panen surgawi. Mungkin di sini kita seperti  Israel  di padang belantara, yang hanya memiliki setandan anggur dari Eskol (Bil 13:23), di sana kita akan di kebun anggur.

Matamu sekarang diliputi air mata, tidak akan menangis lagi dan dalam kegirangan yang tak terkatakan  akan menatap kemegahan dari Dia yang duduk di atas tahta-Nya. Bahkan kamu akan duduk di atas tahta juga.  Kamu akan menerima bagian kemenangan Tuhan ;mahkota-Nya, sukacita-Nya, surga-Nya semua ini akan menjadi milikmu dan kamu akan menjadi pewaris  bersama Dia  yang adalah pewaris segala sesuatu.

based on renungan harian  pagi dan sore Charles H Spurgeon

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s